Mark Zuckerberg jadikan Buku Ibnu Khaldun sebagai Bacaan Wajib

Pemilik Facebook, Mark Zuckerberg ternyata pengagum ilmuwan muslim, Ibnu Khaldun. Melalui status Facebook yang ditulisnya pada 1 Juni 2015, salah satu orang terkaya di dunia ini mengaku tengah membaca buku Muqaddimah karangan ilmuwan Muslim, Ibnu Khaldun.

“Bacaan saya selanjutnya dalam A Year of Books adalah Muqaddimah karangan Ibnu Khaldun,” kata Mark dalam akun Facebook-nya, Kamis, 4 Juni 2015.

Mark menjelaskan, buku itu bercerita tentang sejarah dunia yang ditulis seorang intelektual yang hidup pada tahun 1300-an.

“Ini adalah sejarah dunia yang ditulis oleh seorang intelektual yang hidup pada tahun 1300-an. Isi buku ini fokus pada bagaimana masyarakat dan budaya aliran, termasuk penciptaan kota, politik, perdagangan dan ilmu pengetahuan.”

“Meski setelah 700 tahun kemudian banyak hal-hal yang diyakini dalam buku tersebut tak terjadi, namun buku tersebut tetap sangat menarik untuk melihat bagaimana pandangan dunia secara keseluruhan ketika semua dianggap sama,” tulis pria keturunan Yahudi tersebut.
Sebagai informasi, Mark mempunyai resolusi tahun 2015 yang salah satunya tentang keinginannya membaca karya-karya penting dari ilmuwan besar. Resolusi ini akan dilaksanakan selama dua pekan sekali dan didiskusikan bersama dalam komunitas Facebook.

Klub Baca Zuckerbeg ini hanya memfokuskan pada karya-karya ilmuwan dengan ide besar yang diyakini berpengaruh besar pada masyarakat dan dunia bisnis.
Ibnu Khaldun merupakan salah satu ilmuwan Muslim besar dalam sejarah. Pemilik nama lengkap Abu Zayd ‘Abd al-Rahman ibn Muhammad ibn Khaldun al-Hadrami dikenal sebagai Bapak Sosiolologi dalam sejarah Islam. Ia juga disebut sebagai bapak pendiri ilmu historiografi dan ekonomi. Karyanya yang terkenal adalah Muqaddimah (Pendahuluan). [HP – Sebarkanlah.com /muslimdaily] DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment