Turki Menyepakati Kerjasama Suplai Gas Dengan KRG Kurdi, Rusia Rugi Besar


Irak: Gas KRG cukup untuk memehnuhi kebutuhan gas Turki dan Eropa

Sumber gas alam di Pemerintahan Daerah Kurdi (KRG) cukup untuk memenuhi kebutuhan baik di Turki dan Eropa, kepala Komite Parlemen KRG untuk Industri dan Energi mengatakan pada hari Minggu.

Gas alam KRG direncanakan akan dikirim ke Turki dan Eropa pada tahun 2017.

Cadangan gas di Irbil, Duhok dan Sulaymaniyah diperkirakan berjumlah di lebih dari 5,7 triliun kaki kubik, tetapi akan mencapai mendekati 8 triliun kaki kubik jika daerah yang disengketakan antara KRG dan pemerintah pusat Irak di Baghdad, termasuk Kirkuk, disepakati bergabung dengan pemerintah daerah Kurdi.

Berbicara kepada Anadolu Agency, Cevdet Circo, mengatakan bahwa Turki dan KRG mengadakan perjanjian strategis berkaitan dengan pengiriman gas pada 2017.

“Gas Kurdi akan mencapai Eropa melalui Turki. Wilayah Kurdi dapat mengisi kesenjangan yang diciptakan oleh monopoli gas Rusia ke Eropa,” kata Circo.

Selain itu, kepala Komite Energi Sulaymaniyah, Galip Muhammad, mengatakan Sulaymaniyah merupakan provinsi terkaya di wilayah tersebut dalam hal cadangan gas, dengan jumlah 5 triliun kaki kubik gas alam.

“Sulaymaniyah memiliki hampir 80 persen dari cadangan gas alam dari KRG,” katanya.
Muhammad juga mengklaim bahwa gas Sulaymaniyah memiliki kualitas terbaik di wilayah itu dan belum dieksplorasi sepenuhnya.

Middle East Monitor/middleeastupdate DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment