Tokoh Ikhwanul Muslim Mesir, Syeikh Muhammad Abdullah Al-Khatib Meninggal Dunia


Mantan anggota Maktab Irsyad Jamaah Al-Ikhwanul Al-Muslimin dan Anggota Dewan Syuro Ikhwanul Muslimin Syeikh Dr Muhammad Abdullah Al-Khatib meninggal dunia hari Selasa (3/11/2015) kemarin di usia 86 tahun.

“Ikhwanul Muslimin berduka, Syeikh al-Mujahid al-Alim al-Azhari Muhammad Abdullah al-Khatib, mantan anggota Maktab Irsyad Jamaah Al-Ikhwanul Al-Muslimin dan Anggota Dewan Syuro Ikhwanul Muslimin, meninggal hari ini. Kita berdoa kepada Allah semoga mengampuni dan menerimanya di surga yang kekal,” demikian dikutip laman ikhwanonline.com.

Dikutip alewaanewspaper.com, Syeikh Muhammad Abdullah al-Khatib lahir tanggal 26 Februari 1929 di desa Juhaina al-Garbiyah Provinsi, Thahtha Sohaj Mesir. Sejak kecil tumbuh di lingkungan islami dan menghapal Al-Qur’an sejak usia 10 tahun.

Syeikh Abdullah al-Khatib menimba ilmu agama di lingkungan al-Azhar (SD, SMP, SMA) dan masuk Fakultas Usuluddin di jurusan Bahasa Arab Universitas Al-Azhar.

Ia termasuk ulama senior di Jamaah Al-Ikhwan Al-Muslimin yang berlatarbelakang Azhari dan generasi awal di jamaah tersebut.

Pernah menjadi khatib dan imam di kementerian Wakaf Mesir, namun tahun 1965 ditahan dengan hukuman penjara 10 tahun di era Jamal Abdul Naser dalam rangkaian operasi memberangus Ikhwanul Muslimin.

Keluar dari penjara, beliau kembali aktif sebagai imam di masjid Khur Syid di Syubra dan bekerja di kantor Kementerian Wakaf Mesir bagian Penyebaran Dakwah Islam.

Oleh Kementerian Wakaf dikirim ke Libya dan bekerja selama satu tahun di negara itu hingga menjadi ketua dewan fatwa di kementerian wakaf.

Usai dari Libya, Syeikh Al Khatib dikontrak oleh Kementerian Agama dan Wakaf Uni Emirat Arab dan menjadi ketua bagian fatwa selama hampir tujuh tahun.

Beliau salah satu anggota maktab al-Irsyad setelah terbentuk pada tahun 1990 hingga tahun 2010 Syeikh Abdullah Al-Khatib mengajukan permintaan berhenti dari keanggotan maktab Irsyad karena kondisi kesehatan.

Syeikh Muhammad al-Khatib juga menjadi penanggung jawab dakwah sebelum akhirnya digantikan oleh Dr. Abdul Rahman al-Bar.

Syeikh Muhammad Abdullah al-Khatib dikenal produktif menulis, Ada sekitar 40 karya tulis. Bukunya banyak membahas masalah keimanan, ibadah, pemikiran, dakwah dan fatwa. Tulisan-tulisan terkait fatwa tersebar di berbagai majalah Islam seperti Majalah Al-Dakwah, Liwa al-Islam (sekarang majalah al-Risalah).

Di antara bukunya; Fauq Atlal al-Markisiah wa al-Ilhadiyah, Fiqh al-Shiyam, Yam al-Lail, Tarbawiyah, Fatawa Muashirah, Imam Hasan al-Banna, Daiah, Mujahid. Juga mensyarah Risaalah At-Ta’aalim dengan judul Nazhaaraat Fii Risaalah At-Ta’aalim.*
(HIDAYATULLAH) DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment