Ulil Abshar Gembira NU dan Muhammadiyah Dipimpin “Tokoh Liberal”


Sementara banyak kalangan Islam prihatin NU dan Muhammadiyah dipimpin tokoh-tokoh yang ‘liberal’, tokoh Jaringan Islam Liberal, Ulil Abshar Abdalla gembira.

Dalam twitternya Ulil mengatakan: “NU dan Muhammadiyah dipimpin oleh Dr. Said Aqil Siradj dan Dr. Haedar Nasher. Dua figur yg berwawasan pluralis. Melegakan!”

Ulil melanjutkan: “Dr. Aqil Suradj disertasinya ttg Ibn Arabi. Dr. Haedar Nasher tentang gerakan salafi di Indonesia. Mantap!”

Aqil Siradj terkenal dengan faham pluralismenya dan ia sering menulis tentang tidak adanya perbedaan yang mendasar pada agama-agama. Aqil juga membiarkan faham liberal berkembang di kaum muda NU.(Baca: Said Aqil Siraj Dukung Pluralisme dan Syiah)

Karena itu tidak heran bila KH Hasyim Muzadi yang terkenal dengan anti pluralisme fan liberalisme, tidak setuju sampai saat ini kepemimpinan Aqil di NU. Selain masalah muktamar NU kemarin yang penuh denhan rekayasa, Hasyim juga banyak berbeda pandangan pemikiran Islam dengan Said Aqil.

Sementara itu Haedar Nashir dikritisi karena dalam buku–bukunya Haedar banyak mengkritisi gerakan-gerakan yang pro Syariat Islam.(Baca: NU dan Muhammadiyah Dipimpin “Tokoh Liberal”)

Haedar tidak atau hampir tidak pernah mengkritik tajam gerakan pluralisme yang membahayakan Islam. Padahal gerakan itu kini bercokol di Muhammadiyah, diantaranya gerakan Maarif Institute yang rajin mengampanyekan gerakan pluralismenya di Kompas. Wallahu a’lam.(*iz/sharia) DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment