Mengharukan, Begini Sikap Habib Munzir (alm) kepada seorang Biarawati Tua di Papua. (Sebuah sikap yang patut utk di tiru)


Kemarin saya menceritakan saat Habib Munzir berdakwah di papua. Sungguh didalam perjalanan tsb begitu banyak hikmah yang bisa di petik. Salah satunya adalah kisah berikut ini. Ditengah perjalanan (dalam perjalanan dari Sorong menuju Teminabuan Papua) dalam perjalanan tersebut Habib Munzir dan Tim menggunakan mobil 4×4 bak terbuka, di tengah perjalanan rombongan ini diberhentikan oleh salah seorang biarawati, wanita pimpinan agama non muslim yang berusia diatas 50 an, sepertinya ia ingin ikut menumpang mobil, Asri (yg menyupir mobil) menanyakan kepada Habib Munzir, karena mobil ini sudah di carterkan utk Habib Munzir dan Tim.
"Habib, apakah ibu biarawati ini boleh di naikkan?". Tanya sopir (Asri) kepada Habib Munzir.
Tanpa pikir panjang lagi Habib Munzir menjawab "Boleh, tapi mau ditempatkan dimana? disini sudah tidak ada tempat".
"Taruh di Bak belakang aja bib bersama barang" kata Asri.
"Hm tapi saya merasa tidak tega jika ibu itu harus duduk di belakang bersama barang" jawab Habib Munzir.
"Dia sudah biasa seperti itu kok bib" jawab Asri.

Mendengar jawaban "sudah biasa" tsb Habib Munzir kaget dan terkejut, beliau menceritakan, saya kaget dan merasa tercekik mendengarnya, "sudah biasa ??", "dia sudah biasa seperti itu bib", seorang biarawati penyeru kepada agama keyakinannya ia ternyata sudah terbiasa untuk berjalan dan duduk di bak bagian belakang dari kampung ke kampung demi berjuang untuk menyebarkan keyakinannya.

Kata Habib Munzir lagi "maka tidak salah kalau seandainya agama non muslim yang menjadi maju, karena para dai muslim hanya bersembunyi di kota-kota besar, tidak mau keluar seperti mereka . Maka jangan salahkan mereka jika muslimin semakin mundur , karena para dai nya juga semakin mundur. Dan ketika sopir mengatakan ia sudah terbiasa, maka semakin sakit hati saya, bukan semakin tenang tapi semakin sakit saya mendengarnya."

Dan Ibu biarawati tersebut pun naik di Bak belakang mobil 4X4 yang dipakai, satu tempat bersama barang.

Perjalanan pun diteruskan, 1 jam perjalanan terasa rintik rintik gerimis mulai turun. Melihat itu Habib Munzir menjadi gelisah, risau, tak tenang, ia terpikir kepada ibu biarawati yang sedang duduk di bak belakang.

Kata Habib Munzir "Hati saya terasa tercekik, sungguh! walaupun ia adalah seorang non muslim, tapi bagaimanapun ia adalah seorang wanita yg usianya cukup tua, duduk di Bak terbuka di belakang dengan terpaan hujan, ia seorang pemuka dan guru agama non muslim, ia sangat tabah dalam berdakwah membela agamanya dengan semangat juang yg luar biasa, ia berjalan dari kampung ke kampung, terus mengajar dengan sukarela sepanjang hidupnya, mengabdi pada agamanya, sampai rela duduk di Bak belakang mobil, dalam keadaan hujan dan panas, ia wanita, sudah cukup lanjut usia, demikian tabahnya Da’i non muslim ini, hati saya seperti tercabik cabik, saya malu, malu sekali.."

Hujan pun turun semakin deras, Habib Munzir semakin gelisah. Beliau sudah tak tahan lagi, semakin risau dengan keadaan ibu biarawati tsb.

"Berhenti Asri, berhenti..!" kata Habib Munzir seketika sambil memegang tangan Asri. Asri pun menghentikan mobil.

"Ada apa bib?" Tanya Asri

"Saya mau pindah ke belakang bak menggantikan posisi ibu itu, biar ibu itu duduk didalam sini menggantikan tempat saya duduk" jawab Habib Munzir.

Mendengar itu Asri menjadi kaget dan tentu saja menolak. "Itu tidak mungkin Habib, Tidak mungkin habib turun dan pindah ke bak belakang..!, habib sudah carter mobil saya..!!, lagi pula ini sedang hujan habib..!!",

Habib Munzir menjawab "Dia seorang wanita yang lebih tua dari saya meskipun ia beda agama, Rasulullah saw menghormati yang lebih tua ".

Habib Munzir tetap bersikeras memaksa, akhirnya mau tidak mau Asri yang menyupir mobil pun pasrah menuruti.

Habib Munzir pindah ke bak belakang, beberapa rombongan yang lain pun ikut ingin kebelakang, tetapi Habib Munzir melarang mereka
"Yang lainnya tetap dalam posisinya, cukup satu orang yang menemani saya di Bak Belakang, sudah ada satu orang penjaga Barang kok di belakang"

Dan mereka pun sangat bersempit sempit 4 orang di kursi belakang.

Tapi Ibu itu ternyata tak mau pindah ia tetap mau duduk di bak saja, ia seakan merasa tahu diri bahwa dirinya menumpang, ia merasa malu dan haru.

"Kalau Ibu tidak mau turun dan masuk kedalam maka saya tidak akan mau naik ke mobil" jawab Habib Munzir.

Mau tidak mau akhirnya ibu itupun masuk kedalam mobil. Habib Munzir duduk di bak belakang di temani KH Ahmad Baihaqi. Di saat itu hujan turun semakin deras membasai tubuh Habib Munzir yang duduk di bak terbuka. Habib Munzir membuka sorban dan kacamatanya, cuma pakai peci. Habib Munzir menangis, bukan menangis karena keadaannya, tapi menangis karena faktor biarawati tadi.

Kata Habib Munzir "Saya menangis, memikirkan, betapa kuat dan tabahnya biarawati itu, betapa malunya saya karena saya dimanjakan di Jakarta, sekedar turun dari mobil dan naik ke mimbar, sedangkan mereka, para dai non muslim di wilayah pedalaman, terus berdakwah, maka siapa yang akan terjun kesana jika kita para da'i muslim hanya duduk di kota-kota besar?"

Dalam derasnya hujan itu mobil kembali berhenti. Bang Ipul (Saeful Zahri) turun dan meminta agar Habib Munzir masuk kedalam menggantikan tempatnya, tapi Habib Munzir menolak.
"saya sudah duduk dan malas berdiri lagi, kalau mau ganti saja KH Ahmad baihaqi kedepan, tapi saya tidak mau pindah".

maka demikian bergantian beberapa waktu terus 4 personil bergantian pindah ke belakang, namun Habib Munzir tetap tak ingin beranjak dari bak, hanya yang lain saja bergantian.

kata Habib Munzir menceritakan "Saya duduk di bak Belakang untuk membalas pilu saya akan semangat seorang wanita tua itu yang penyeru kepada agama non muslim, aku seorang penyeru ke Jalan Allah, aku malu pada Allah.. patutnya aku berjalan kaki 200 km bukan duduk di Bak terbuka yg masih bisa santai".

Subhanallah...sebuah kata2 yang penuh hikmah, patut utk di renungkan, terutama bagi para da'i yang hanya mau berdakwah karena faktor amplop, dan hanya mau di tempat2 yang enak.

silakan bagi yang mau share, copas, salin, dsb

foto : Saat Habib Munzir duduk di bak terbuka mobil. DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

2 komentar:

  1. Subhanallah ... ane jd ikut terharu bacanya, semoga allah semakin meninggi kan derajat habib

    ReplyDelete
  2. Ketahuan boong nie cerita hujan dari mulai rintik kenapa g pindah tempat dah basah kuyub tuh ibu,baru di suruh pindah seharusnya habib dari awal ketemu dah bisa persilakan pindah tempat sebelum hujan fisik habib lebih kuat dan masih muda,trus tulisan terakhir mengatakan foto habib di bak mobil padahal coba perhatiin di dekat jendela rumah kok habib g basah aneh g masuk akal ceritanya.

    ReplyDelete