Wow Ada Delapan, Rp 12M Harga per Unit Mobil Presiden Jokowi, Ini yang Namanya Penghematan


Ramai berita soal mobil Presiden Joko Widodo yang dikabarkan “berganti”. Memang ternyata, Indonesia melalui Sekretaris Negara pernah membeli sebuah unit model Mercedes S600 Pullman Guard seharga 800.000 Euro (sekitar Rp 12 miliar, kurs 14.455) tanpa pajak. Konon sedan mewah ini juga banyak dimiliki bos kartel obat bius.

Sejatinya, mobil yang lebih panjang 45cm ini hanya dipergunakan Presiden di waktu-waktu tertentu. Terutama ketika menerima tamu undangan penting. “Harga satu unit mobil Presiden ini setara dengan harga empat unit mobil tamu negara yang juga dipesan bersamaan,” ujar sumber di Sekretariat Negara Jakarta, Rabu (4/3). Sayangnya, sumber resmi Istana enggan menjawab saat dihubungi via telepon.

Memang, Mercedes-Benz “Indonesia 1″ yang biasa digunakan Jokowi berbasis S-Class, tapi bukan berasal dari model Pullman. Sehingga bila sekarang Jokowi menggunakan Pullman, ada kesan memang ganti mobil.

Mobil sehari-hari Jokowi ini sudah memiliki kekuatan menangkal serangan senapan mesin dan bom TNT, tapi bukan model terbaru (W222). S-Class yang dipakai Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) merupakan salah satu dari delapan unit model Mercedes-Benz S600 Guard berbasis W221. Delapan unit tersebut terbagi dalam model jendela transparan dan gelap.

Selain delapan unit S600 Guard, Setneg juga telah memiliki beberapa unit SUV Mercedes-Benz G55 Guard berspesifikasi B6/B7 yang digunakan Jokowi bila ingin blusukan ke daerah-daerah terpencil.

Pullman Guard dari Mercedes-Benz model terbaru berbasis W222. Sedangkan Mercedes-Benz Pullman Guard W221 juga pernah dipakai PM Australia Toni Abbott pada saat berkunjung ke Indonesia.

Pengamat Otomotif, Y Hakim mengatakan, ketika menguji Mercy Pullman ini, banyak fitur keamanan yang tidak bisa diungkap dalam tulisan. “Semua off the record, karena menyangkut keamanan suatu Kepala Negara yang menjadi garansi pabrikan Mercedes Benz,” ujarnya kepada Fastnews di Jakarta, Rabu (4/3).

S600 Guard memiliki spesifikasi kekuatan B6 (jendela kaca) dan B7 (bodi baja). Sebenarnya setengah dari harga tersebut merupakan biaya untuk membuat perkuatan dan sistem pertahanan pada unit Guard. (FN-04)

- See more at: http://m.fastnewsindonesia.com/article/wow-ada-delapan-rp-12m-harga-unit-mobil-presiden-jokowi#sthash.IUm7ylsi.dpuf DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment