Rupiah Terpuruk dalam 17 Tahun, Pendukung Jokowi di Medsos Tiarap


Nilai tukar dolar terhadap rupiah tercatat anjlok dan bergerak mendekati level terendahnya dalam 17 tahun terakhir pada perdagangan Senin 2 Maret 2015 menyentuh level Rp13.001 per dolar Amerika.

Rupiah terkena hantaman dari gelombang aksi jual menyusul pernyataan Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo bahwa nilai inflasi akan melambat dan tampaknya rupiah masih akan melemah.

“Suka cita terpilihnya Presiden Joko Widodo pada 2015 tak akan bertahan selamanya. Dan kini tampaknya BI harus segera mendorong nilai tukar rupiah yang kian melemah, pasalnya aksi jual akan terus berlanjut,” tutur senior strategi foreign exchange di ANZ Khoon Goh, seperti dikutip Liputan 6.

Hal ini bertolak belakang dengan pernyataan para analis pro Jokowi pada ajang pemilihan presiden tahun lalu, dimana menurut perhitungan mereka, dolar akan di bawah Rp10.000 setelah Jokowi jadi presiden. Pernyataan para analis ini dijadikan bahan kampanye untuk menyerang Prabowo yang digadang-gadang akan membuat dolar senilai Rp13.000.

Kepala Ekonom Samuel Aset Manajemen, Lana Soelistianingsih mengatakan bahwa Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo bisa memenangi pemilu presiden pada Juli mendatang, maka nilai tukar (kurs) rupiah akan menguat signifikan. Dia memperkirakan penguatan akan sangat tajam bahkan bisa mencapai level Rp 10 ribu per dolar Amerika Serikat.

Kini, dengan fakta pahit ekonomi itu, para pendukung Jokowi di media sosial pun tiarap. Enggan berkomentar tentang keterpurukan nilai tukar rupiah itu.

Pendukung Prabowo bernama Anggar Putri mengatakan, “Mereka (para Jokower) bukannya tak mau move on, tapi mungkin mereka tidak ingin merusak ilusi dan delusi indah yang terlanjur mereka ciptakan sendiri selama ini. Tak mau akui ilusi, delusi, tak bedanya dengan gengsi.”

Sementara Rahmat Idris berkomentar singkat, “Dan pendukung Jokowi masih katakan, ‘Tukang hujat kalian!’. Memangnya terpuruknya Rupiah kesalahan kami ya?”(fimadani) DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment