Hara Hachi Bu, Rahasia Panjang Umur Penduduk Okinawa yang Mirip Ajaran Nabi


Okinawa merupakan wilayah kepulauan yang berada di Jepang dan memiliki luas mencapai 1.201.03 km2. Dari sensus pada Desember 2014, Okinawa memiliki jumlah populasi mencapai 1,301,542 jiwa.

Selain punya tempat wisata yang indah, Okinawa diketahui memiliki keunikan lain. Okinawa salah satu daerah yang memiliki jumlah rata-rata penduduk berusia 100 tahun lebih paling tinggi dari seluruh daerah di belahan dunia lainnya.

Rata-rata ada 100 penduduk berusia 100 tahun lebih dari setiap 50 ribu penduduk. Melebihi tingkat rata-rata penduduk berusia panjang yang dimiliki penduduk pulau Sardinia di laut Mediterania.

Seperti dikutip dari wikipedia, ternyata rahasia umur panjang warga Okinawa sangat sederhana. Mereka memegang teguh prinsip soal makanan. Prinsip tersebut biasa disebut dengan istilah Hara Hachi Bu.

Secara umum, Hara Hachi Bu adalah prinsip untuk tidak mengkonsumsi makanan secara berlebihan. Penduduk Okinawa secara teratur menerapkan prinsip untuk makan hanya dua pertiga (80 persen) dari kapasitas perut mereka.

Sebab, makan berlebihan akan membuat kerja organ pencernaan bekerja melebihi batas, Inilah yang kerap memicu timbulnya sejumlah penyakit yang membuat daya tahan tubuh cepat menurun sekaligus mempercepat kematian.

Prinsip makan secukupnya ini selaras dengan ajaran dalam agama Islam untuk tidak memenuhi perut dengan makanan. Sebagaimana hadits yang menyebutkan agar umat Islam hanya mengisi dua pertiga isi perutnya dengan makanan dan minuman.

Nabi Muhammad SAW bersabda: “Tidaklah anak Adam memenuhi tempat yg lebih buruk daripada perutnya, ukuran bagi (perut) anak Adam adl beberapa suapan yg hanya dapat menegakkan tulang punggungnya. Jika jiwanya menguasai dirinya, maka sepertiga untuk makanan, sepertiga untuk minum & sepertiga untuk bernafas.” (HR. ibnumajah).

—————————————–
Sumber:
https://en.wikipedia.org/wiki/Hara_hachi_bu
http://www.mutiarahadits.com/20/47/76/sederhana-dalam-hal-makan-dan-tidak-berlebihan.htm
http://vurbmag.com/how-to-live-healthy-past-100/ DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment