Minum Berdiri dan Pakai Tangan Kiri, Pencitraan Jokowi di Awal Ramadhan Gagal Total


Tak sudahnya Presiden Jokowi buat sensasi, lagi. Dan yang ini, entah sudah keberapa kalinya. Jika sensasinya bernilai positif tentu publik salut, tapi yang terjadi, sensasi Jokowi sungguh sangat memalukan dan tak pantas di lakukan oleh seorang yang sudah ngaku haji.

Sebuah foto tersebar di laman media sosial dengan gaya Jokowi minum dalam posisi berdiri menggunakan tangan kiri. Aksi Jokowi itu dilakukan pada hari Kamis (18/6/2015) dalam acara buka puasa bersama anak yatim di Istana Negara.

Tak ayal, foto tersebut membuat Jokowi terus dikomentari sinis. Meski ada yang membela, namun tetap saja, kelakuan Jokowi sulit untuk di maklumi oleh akal sehat.

Nyaris, upaya Jokowi dalam membangun citra kepada ummat Islam khususnya di awal Ramadhan 1436 H dinyatakan gagal. Jokowi tidak memainkan peran dengan baik. Bagi-bagi sepeda kepada anak yatim takkan mampu menutupi kelakuan tak beradab Jokowi, minum pakai tangan kiri sambil berdiri.

Bukankah Jokowi mengaku beragama Islam? Jelas, ia sudah haji bersama keluarga. Tapi kenapa tata cara minum berdasarkan agama Islam Jokowi tidak paham? Inilah yang jadi masalah.

Ajaran Islam sudah cukup jelas mengatur tata cara makan minum, Rasulullah Saw melarang makan minum sambil berdiri.

Dari Anas dan Qatadah, Rasulullah saw bersabda: “Sesungguhnya beliau melarang seseorang minum sambil berdiri. Qotadah berkata:”Bagaimana dengan makan?” Beliau menjawab: “Itu lebih buruk lagi”. (HR.Muslim dan Turmidzi)

Makan minum juga harus dengan tangan kanan. Hal ini berdasarkan hadits Nabi yang disampaikan Ibnu Umar radhiallahu’anhuma:

إذا أَكَلَ أحدُكُم فليأكلْ بيمينِهِ . وإذا شرِبَ فليشربْ بيمينِهِ . فإنَّ الشَّيطانَ يأكلُ بشمالِهِ ويشربُ بشمالِهِ

“Jika seseorang dari kalian makan maka makanlah dengan tangan kanannya dan jika minum maka minumlah dengan tangan kanannya. Karena setan makan dan minum dengan tangan kirinya.” (HR. Muslim no. 2020).

لا تأكلوا بالشِّمالِ ، فإنَّ الشَّيطانَ يأكلُ بالشِّمالِ

“Janganlah kalian makan dengan tangan kiri karena setan makan dengan tangan kiri.” (HR. Muslim 2019)

Apa Jokowi tidak pernah belajar Islam ya? Entahlah.

Yang membuat anehnya lagi, dulu Jokowi pernah himbau masyarakat untuk teladani nabi Muhammad Saw. Eh ternyata, Jokowi tidak memulai dari dirinya sendiri.

Sebenarnya, rakyat sudah lelah disuguhkan kekonyolan oleh Jokowi, tapi ya mau bagaimana lagi. Mungkin itu hobi dan keingingan Jokowi sendiri.

JK Sinaga DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment