Fakta Menarik Petir Dalam Al-Quran


Pada kesempatan kali ini saya akan menyajikan sebuah fakta yang menarik,menganai petir dan Al-Quran. Ya petir, Saat hujan deras, langit tiba-tiba menyala, dan tidak lama kemudian disusul oleh suara yang mennggelegar. Tahukah anda begaimanakah petir luar biasa yang menerangi langit ?, Tahukah anda seberapa banyak cahaya yang dipancarkannya? Atau seberapa besar panas yang dilepaskannya ?, yuk kita baca artikel mengenai menarik - nya petir ini.

Seperti yang diketahui, satu kilatan petir adalah cahaya terang yang terbentuk selama pelepasan listrk di atmosfer saat hujan badai. Petir dapat terjadi keika tegangan listrik pada dua titik terpisah di atmosfer--masih dalam satu awan, atau antara awan dan permukaan tanah, atau antara dua permukaan--mencapai tingkat tinggi.

Kilat petir terjadi dalam bentuk setidaknya dalam dua sambaran. Pada sambara pertama muatan negatif (-) mengalir dari awan ke permukaan tanah, ini bukanlah kilatan yang sangat terang. sejumlah kilat percabangan bisanya dapat terlihat menyebar keluar dari jalur kilat utama. Ketika sambaran pertama ini mencapai permukaan tanah, sebuah muatan berlawanan terbentuk pada titik yang akan disambarnya dan arus kilat kedua yang bermuatan positif terbentuk dari dalam jalur kila utama tersebut langsung menuju awan. Dua kltan tersebut biasanya beradu sekitar 50 meter di atas permukaan tanah. Arus pendek terbentuk di titik pertemuan antara awan dan permukaan anah tersebut, dan hasilnya sebuah arus listrik yang sangat kuat dan terang mengalir dari dalam jalur kilat utama itu menuju awan. Perbedaan tegangan pada aliran listrik antara awan dan permukaan tanah ini melebihi beberapa juta volt.

Energi yang dilepaskan oleh satu sambaran petir lebih besar daripada yang di hasilkan oleh seluruh pusatpembangkit tenaga listrik di Amerika. Suhu pada jalur di mana petir terbentuk dapat mencapai 10.000 derajat celcius. suhu didalam tanah unuk meleburkan besi adalah antara 1.050 dan 1.100 derajat celcius. Panas yang dihasilkan oleh sambaran terkecil dapat mencapai 10 kali lipatannya. Panas yang luar biasa ini berarti bahwa petir dapat dengan mudah membakar dan menghancurkan seluruh unsur yang ada dimuka bumi. Perbandingan lainnya, suhu permukaan matahari tingginya 700.000 derajat celcius. Dengan kata lain, suhu petir adalah 1/70 dari suhu permukaan matahari. Cahaya yang dikeluarkan petir


lebih terang daripada cahaya 10 juta bola pijar bedaya 100 watt. Sebagai pembanding, satu kilatan petir menyinari sekellingnya secara lebih terang dibandingkan ketika satu lampu pijar dinyalakan.

Kilatan yang terbentuk turun sangat cepat ke umi dengan kecepaan 96.000/ Km/Jam. Sambara pertama mencapai titik pertemuan atau permukaan bumi dlam waktu 20 milidetik, dan sambaran dengan arah berlawanan menuju awan dalam tempo 70 mikrodetik. Secara keseluruhan petir berlangsung dalam waktu hingga setengah detik. Suara guruh yang mengikutinya disebabkan oleh pemanasan mendadak dari udara di sekitar jalur petir. Akibatnya, udara tersebut memulai dengan kecepatan meleihi kecepatan suara, meskipun gelombang kejutnya kembali ke gelombang suara normal dalam renang beberapa meter. Gelombang suara terbentuk mengikuti udara atmosfer dan bentuk permukaan setelahnya. Itulah alasan terjadinya guntur dan petir yang susul-menyusul.

saat kita merenungi semua perihal petir ini, kita dapat memahami bahwa peristiwa alam ini (petir) adalah sesuatu yang  menakjubkan. Bagaiman sebuah kekuatan luar biasa semacam iu muncul dari patikel  bermuatan positif dan negatif, yang tak terlihat oleh mata telanjang, menunjukkan bahwa peir diciptakan dengan sengaja. Lebih jauh lagi, kenyataan bahwa molekul-molekul nitrogen, yang sangat penting untuk tumbuhan, muncul dari kekuatan ini, sekali lagi membuktikan bahwa Fakta petir diciptakan dengan kearifan khusus.

Fakta menarik petir dalam Al-Quran ini terekam dalam surat Al-Quran pada surat An-Nuur ayat 43 :

Artinya : Tidaklah kamu melihat bahwa Allah mengarak awan, kemudian mengumpulkan antara (bagian-bagian) Nya, kemudian menjadikannya bertindih-tindih, maka terlihat olehmu hujan keluar dari celahnya dan Allah juga menurunkan (butiran) es dari langit, (yaitu) dari (gumpalan-gumpalan awan seperi) gunung-gunung, maka ditimpakanNya (butiran-butiran) es itu kepada siapa yang dikehendakiNya dan dipalingkan Nya dari siapa yang dikehendakiNya, Kilauan kilat awan tu hampir-hampir menghilangkan penglihatan.

Dan dalam Al-Quran juga Allah secara khusus menark perhatian kita pada petir ini. Arti surat Ar-Ra'd salah satu surat dalam Al-Quran, sesungguhnya adalah "guruh". Dalam ayat-ayat tentang petir Allah berfirman, bahwa Dia menghadirkan petir-petir sebagai sumber rasa takut dan harapan. Dan Allah juga berfirman Dalam Al-Quran bahwa guruh yang muncul saat petir menyambar bertasbih memujiNya. Allah telah menciptakan sejumlah tanda-tanda bagi kita paa petir. Kita wajib berfikir dan bersyukur kepada Allah, bahwa guruh/petir , yang mungkin belum pernah dipikirkan banyak orang seteliti ini dan yang menimbulkan perasaan takut dan harapan dalam diri manusia, adalah sebuah sarana yang dengannya rasa takut kepada Allah semakin bertambah dan yang dikirim olehNya untuk tujuan tertentu seperti yang Dia kehendaki. DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About MUSLIMINA

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment