PKS dan Kisah Penaklukkan Aceh oleh Snouck


Oleh : Arga Nur Pratama

Menilik sejarah pada awal masa kemerdekaan Indonesia terutam di daerah Aceh yang dikenal dengan serambi mekah. Dimana hukum - hukum islam ditegakkan dan kesadaran masyarakatnya tentang norma - norma islam pun sudah mumpuni. Namun hal itu pula yang membuat pihak kolonial Belanda sulit untuk menaklukkan daerah tersebut. Hingga tiba suatu saat munculnya Snouck Hurgronje yang dijadikan mata - mata oleh Belanda untuk mengetahui kelemahan dareah tersebut.
Snouck Hurgronje adalah warga kebangsaan Belanda yang disekolah kan ke Mekkah untuk mempelajari tentang Islam. Setelah dirinya selesai mempelajari Islam ia kemudian diutus ke Aceh untuk menjadi mata  - mata untuk mencari kelemahan daerah tersebut. Akhirnya setelah tujuh bulan Snouck disana dirinya pun mengeluarkan strategi  untuk menaklukkan para ulama - ulama nya yang ada di Aceh tersebut. Karena dengan menaklukkan para Ulama maka masyarakat Aceh tidak akan percaya terhadap pemimpinnya dan dengan seperti itu akan membuat mereka tercerai berai.

Saat ini kondisi PKS pun tidak jauh beda dengan kondisi saat penaklukan Aceh. PKS yang dikenal sebagai partai Islam sama dengan daerah Aceh yang dikenal sebagai serambi mekah. Tak heran jika saat ini musuh - musuh PKS menyerang para pimpinan tinggi partai tersebut. Karena dalam ajaran Islam seorang pimpinan adalah teladan bagi para prajuritnya.

PKS yang dikenal sebagai partai yang bersih dan jujur tentu akan sulit ditaklukkan hanya dengan isu - isu kecil yang menyerang badan atau kaki partai. Oleh sebab itulah yang diserang dari partai ini adalah langsung dari bagian kepalanya. Tentu pihak - pihak yang kontra dengan PKS berharap dengan seperti itu akan dapat membuat kader - kader mereka tidak percaya dengan para pimpinan mereka.Mulai dari Presidennya, Bendaharanya, Mejelis Syura nya bahkan saat ini presiden PKS yang baru pun serang dengan cara dituduh melakukan korupsi.

Sehingga partai ini akan kehilangan dukungan dan menjadi partai yang kecil. Jika PKS selalu diserang menjelang Pemilu 2014 ini memang ini menjadi hal yang wajar. Partai yang satu ini memang sedang naik daun dengan melihat banyaknya kepala - kepala daerah yang berasal dari PKS. Oleh sebab itu, PKS memang pantas dijadikan sebagai kompetitor yang kuat di ajang Pemilu 2014 nanti. Dengan kader yang solid dan terbebas dari isu - isu korupsi PKS memang memiliki suara yang kuat di mata rakyat. Maka satu - satunya cara untuk mengalahkan partai ini adalah dengan menaklukkan partai ini sebelum bertanding.

Untuk menjadi yang terdepan memang perlu melewati berbagai onak dan duri. Mungkin seperti inilah Allah menguji seberapa kuat komitmen mereka untuk membangun negeri ini. Mungkin ini juga sebagai ujian kepada mereka bahwa sampai sejauh mana mereka percaya Indonesia

DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About MUSLIMINA

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment